Analisis Pengaruh Brand Image Dan Produk Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Ultramilk Pada PD Anugerah Fajar Pontianak

Penulis

  • Valensius Winarson Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh brand image dan produk kompetitif terhadap keputusan pembelian produk susu ultramilk pada PD Anugerah Fajar Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak seratus sepuluh (110) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand image dan produk kompetitif secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk susu ultramilk. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa brand image dan produk kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa brand image dan produk kompetitif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Saran dari peneliti untuk pihak perushaan adalah mempertahankan brand image, serta produk kompetitif yang baik dan memaksimalkannya, karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles