Pengaruh Daya Tarik Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word Of Mouth Pada KFC Matahari Mall Di Pontianak

Penulis

  • Arie Adelwin Junaparma Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk membangun sebuah model konseptual produk yang ditawarkan oleh gerai KFC Matahari Mall Pontianak, sehingga dapat mengetahui pengaruh variabel daya tarik promosi,kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian secara langsung, maupun tidak langsung yang di mediasi oleh word of mouth.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar kuesioner, dan teknik penarikan sample menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak seratus sepuluh (110) responden. Metode analisa yang digunakan adalah uji realibilitas, uji validitas, uji asumsi klasik ( uji normalitas, multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis menggunakan  analisa jalur, diuji mengunakan SPSS versi 24 (Statistical Program For Social Science versi 24). Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengaruh langsung daya tarik promosi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, daya tarik promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, dan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kesimpulan pengaruh tidak langsung daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh word of mouth berpengaruh signifikan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh word of mouth tidak berpengaruh signifikan.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles