Pengaruh Invovasi Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Makanan Ringan Di Kota Pontianak

Authors

  • Budi Bangsa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pada masa kini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pontianak berkembang dengan pesat, terutama UMKM makanan ringan. Hal ini ditandai dengan jumlah pedagang makanan ringan yang mengalami peningkatan setiap tahun. Terdapat berbagai jenis usaha makanan ringan seperti warung tenda, kantin dan warung kaki lima yang dapat kita temui disetiap sudut daerah Kota Pontianak. Perkembangan bisnis UMKM makanan ringan di Kota Pontianak yang semakin pesat membuat para pelaku usaha semakin bersaing untuk mendapatkan atau menarik pelanggan. Berbagai strategi penjualan yang dilakukan pelaku usaha untuk mengwujudkan keputusan pembelian pada produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha. Salah satu nya yang menjadi factor keputusan pembelian yakni inovasi layanan. Inovasi layanan dapat dilakukan dengan menciptakan layanan baru dalam mempermudah transaksi pembelian. Selain inovasi layanan, terdapat juga kualitas produk yang menjadi faktor terjadinya keputusan pembelian karena dengan mutu dan kualitas bahan yang digunakan untuk menciptakan sebuah produk sangat dinilai oleh konsumen. Hal yang paling menjadi faktor utama dalam terjadinya keputusan pembelian yakni harga kompetitif, karena jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan produk yang di tawarkan , cendrung konsumen tidak tertarik untuk bertransaksi.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Harahab, D.F. Maryati, Y. & Herawati. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen UMKM Mie Ayam dan Bakso Barokah Ina Kabupaten Bungo). National Conference on Applied Business, Education, & Technology, 1(1). 533-586.

Harahap, I.A. dan Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3). 107-115.

Hasna, N. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan terhadap Kinerja UMKM. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 1(1). 713-719.

Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Gransindo.

Ismunandar. Muhajirin. Haryanti, I. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kota Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1). 161-166.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles