Pengaruh Bauran Produk, Harga Kompetitif, Dan Display Produk Terhadap Minat Beli Pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Di Pontianak

Authors

  • Novianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh bauran produk, harga kompetitif, dan display produk terhadap minat beli pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah berbelanja produk merek “Nestle” di Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive sejumlah 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode penyebaran kuesioner langsung kepada konsumen dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 26. Hasil pengujian menunjukkan bauran produk dan harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan display produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli. Nilai koefisien dterminasi sebesar 0,274 yang menunjukkan pengaruh bauran produk, harga kompetitif, dan display produk terhadap minat beli sebesar 27,4 persen.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Martono, S., Khoiruddin, M., & Wulansari, N.A. (2018). Remuneration Reward Management System as a Driven Factor of Employee Performance. International Journal of Business & Society,19.

Novel, B. (2015). Analisi Variabel-variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Luwak di Kota Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Pramono, R. (2012). Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Desain Produk, dan Layanan Purna Jual terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro Semarang, Semarang.

Rasyid, H.A. & Indah, A.T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Hrga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39-49.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles