Pengaruh Harga Kompetitif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying Di Minimarket Idol Pontianak

Authors

  • Susanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Berkembangnya jumlah gerai ritel menyebabkan ketatnya persaingan antar peritel di kota pontianak. Banyaknya gerai ritel dalam suatu wilayah membuat pelanggan memiliki banyak alternatif tempat belanja sehingga menarik pelanggan menjadi tantangan peritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga kompetitif dan kualitas pelayanan terhadap impulse buying di Minimarket Idol Pontianak sebagai upaya menarik pelanggan untuk berbelanja dan meningkatkan volume penjualan. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan responden sebanyak 120 responden. Instrument pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis dengan bantuan program analisis SPSS versi 26. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan variabel harga kompetitif dan kualitas pelayanan mempengaruhi impulse buying pada Minimarket Idol Pontianak sebesar 31,3% sedangkan 68,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji T menjelaskan bahwa variabel harga kompetitif dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada Minimarket Idol Pontianak.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles