Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Bidang Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak

Penulis

  • Juvendi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, kualitas produk dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran UMKM bidang makanan dan minuman di Kota Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang makanan dan minuman di Kota Pontianak dan jumlah sampel sebanyak 105 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode kausalitas dengan model regresi linier berganda dan pengolahan menggunakan software SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa orientasi pasar, kualitas produk dan harga kompetitif memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.

Referensi

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12), 1-15.

Asnawati & Indriastuti, H. (2022). Analisis Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Fadila, R.U. (2020). PikiranRakyatcom: 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Diakses dari https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan%20163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19, 25 April 2022.

Ferdinand, A,T. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi Ilmu Manajemen (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Uninversitas Diponegoro

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 12. (judul asli: Principles of Marketing). Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kusmadeni, D., & Eriyanti, H. (2021). Pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Pasar Rumput Pangkalbalam Pangkalpinang. Jurnal Manajemen dan Investasi, 3(1), 37-52.

Lapian, A. A., Massie, J., & Ogi, I. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 1330-1339.

Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V. J. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran (Studi kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3803-3812.

Mardiyono, A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Tinjauan Teoritis). Serat Acitya, 4(1), 48-58.

Nawangsasi, E., & Triatin, S. H. E. (2021). Peran Kinerja Pemasaran yang Dipengaruhi Tingkat Penjualan Ditinjau dari Aspek Produk Tempat, Harga, Promosi pada Kinerja Pedagang Jajanan Pasar Desa Karangpandan Kabupaten Karanganyar. advance, 8(1), 31-41.

Pertiwi, R. B., & Rahayu, Y. Y. S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 41-49.

Pertiwi, Y. D., & Siswoyo, B. B. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu. Syariah Paper Accounting FEB UMS, 3, 231-238.

Putri, A. L., & Ferdinand, A. T. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko HA Laury di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 852-864.

Putro, S.W., Semuel, H., Karina, R., & Brahmana. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1-9.

Santoso, I. (2016). Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 94-109.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles