Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Pontianak

Penulis

  • Yudi Andika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada umkm makanan ringan di Kota Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Untuk teknik pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 125 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Berdasarkan  hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa brand image, brand trust dan harga kompetitif berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Pemasaran.

Referensi

Gao, Y. (2010). Measuring Marketing Performance: a Review and a Framework.The Marketing. Review.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hasugian, J.T.M. (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap Pelanggan Telkomsel Di Grapari Samarinda) . eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3 (4), 923-937.

Holt, Rinehart dan Winston Inc. (1996). The Holt Dictionary of American English. New York, 360.

Jasmani. (2018). “Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pt. Berkah Motor Wonosari)”. J. Mandiri, 2(2).

Kotler & Keller. (2013). Principles Of Marketing Global Edition 15e. Prentice Hall. Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Marketing Management. 16th edition. USA: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Mukhsin, Moh. (2017). “Pengaruh Kepercayaan dan Keselarasan Tujuan Terhadap Kinerja Rantai Pasokan (Pelaku UMKM Industri Tekstil di Kabupaten Tangerang - Banten)”. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2).

Nawangsasi, Endah. & Triatin, S.E. (2020). “Peran Kinerja Pemasaran yang Dipengaruhi Tingkat Penjualan Ditinjau dari Aspek Produk Tempat, Harga, Promosi pada Kinerja Pedagang Jajanan Pasar Desa Karangpan dan Kabupaten Karanganyar”. Advance : Jurnal Akuntansi, 8(1).

Radhiana, Kasmaniar, & Mukhdasir. (2022). “Kualitas Produk dan Kepercayaan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Umkm Di Aceh Besar” Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu 3 :1.

Ramadzan, D.D. (2022). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk dan Iklan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening “. PRAGMATIS Jurnal Manajemen dan Bisnis., 1, 100-111.

Risal, M. & Salju (2017). “Pengaruh Bauran Pemasaran (4ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran”. Balance, 14(1).

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles