Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif Dan Innovasi Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Di Pontianak

Penulis

  • Pelia Nivita Noni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, harga kompetitif dan innovasi layanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, harga kompetitif dan innovasi layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sebaiknya pihak Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak yaitu perusahaan harus mempertahankan daya tarik promosi, harga kompetitif dan innovasi layanan karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak.

Referensi

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Putri, A. L., & Ferdinand, A. T. (2016). Analisis Pengaruh citra toko dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada toko HA Laury di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 852-864.

Rofi’i, N. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power branding: Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Mizan Pustaka.

Tjiptono, F. (2019). Perilaku Konsumen: Proses Keputusan Konsumen. Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen, 157.

Valentino, O., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Inovasi Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Travel Dulin Diluk. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(1), 87-96.

Yohana, C., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Dessert Box. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 2(3), 769-786.

Zamroni, A. (2016). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pepsodent pada konsumen indomaret plus di jalan M. Yamin Samarinda. Yamin Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 4(4), 960-974.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles