Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Lokasi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kubu Raya

Penulis

  • Freddy Kevin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, harga kompetitif dan daya tarik lokasi terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 135 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 25. Hasil pengujian menunjukkan inovasi produk, harga kompetitif dan daya tarik lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,643 yang menunjukkan pengaruh inovasi produk, harga kompetitif dan daya tarik lokasi terhadap kinerja pemasaran sebesar 64,30 persen.

Referensi

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Oktavinus, O., Zaid, S., & Yusuf, H. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 211-227.

Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi produk dan keunggulan bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada usaha nasi Kuning di Kelurahan batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66-73.

Purnama, P. J., & SUTOPO, S. (2011). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Murah Di Sukoharjo) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rahmawati, S., Darsono, D., & Setyowati, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 325-335.

Ramadani, M. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko handphone. IQTISHADequity, 1(2).

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152-164.

Riandika, R. N., & Arifin, R. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kergaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Mall Dinoyo City (Studi Kasus Pada Konsumen Mall Dinoyo City). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(08).

Sari, D. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524-533.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles