Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Harga Kompetitif, Dan Daya Tarik Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Pada Lokale Di Pontianak

Penulis

  • Ferry Christopher Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris bagaimana variabel kinerja layanan, harga kompetitif, dan daya tarik lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk minuman pada Lokale di Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berdasarkan hasil jawaban responden pada kuesioner yang telah dibagikan terhadap pelanggan Lokale di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Lokale di Pontianak yang telah memenuhi batasan masalah dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis yang dilakukan oleh peneliti, kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa variabel kinerja layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, variabel harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan variabel daya tarik lokasi berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian produk minuman pada Lokale di Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja layanan, harga kompetitif, dan daya tarik lokasi berpengaruh sebesar 76,2 persen.

Referensi

Alfian, M. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Aksesibilitas Lokasi dan Kekuatan Referensi Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Rumah Makan Padang Salero Bundo di Jakarta. Semarang: Fakultas Ekonomika danBisnis Universitas Diponegoro.

Antyadika, B. E. 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery & Cafe Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Anwar, Iful. 2015. Pengaruh harga dan kualitas produkterhadap keputusan pembelian. Atmaja, D. P., & Adiwinata, M. F. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas

Aulya, D. A. 2013. Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Coffe Shop Stove Syndicate di Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Bernardin, H. J dan Russell, J. E. A. 2013. Human Resource Management, SixthEdition. New York: McGrawHill.

Buchari, A. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Fahmi, I. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hakim, M. M. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada SAS Cafe n Resto Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(11).

Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Kopitiam Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 538-550.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles