Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Service Mobil Di CV Duta Jaya Mobil Pontianak

Penulis

  • Veren Suhartono Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan penggunaan jasa service mobil di CV Duta Jaya Mobil Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, harga kompetitif dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan jasa. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, harga kompetitif, dan daya tarik promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan jasa. Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sebaiknya pihak CV Duta Jaya Mobil Pontianak lebih meningkatkan kualitas layanan agar keputusan penggunaan jasa meningkat dengan cara bekerja dan penampilan karyawan CV Duta Jaya Mobil Pontianak memberikan keyakinan dan keamanan kepada pelanggan, pihak CV Duta Jaya Mobil Pontianak harus meningkatkan daya tarik promosi dengan memperhatikan iklan CV Duta Jaya Mobil Pontianak memberikan informasi yang lengkap, pihak CV Duta Jaya Mobil Pontianak harus meningkatkan harga kompetitif dengan memperhatikan harga bervariasi sesuai dengan kualitas masing-masing jasa.

Referensi

Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online Jember. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), Vol 7, No.2.

Aninishia., Fristi, B., & Prastiyo. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, Vol.3, (No.1).

Ferdinand, A. (2014). Metodologi Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu manajemen. Edisi 5. Semarang: Badan penerbit AGF BOOKS.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles