Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Menjual Beras Cap Buah Lai Pada PD Siantan Di Pontianak

Penulis

  • Yenny Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas hubungan pelanggan dan harga kompetitif terhadap keputusan menjual beras cap Buah Lai pada PD Siantan di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah peritel beras cap Buah Lai yang berdomisili di Pontianak dan sampel sebanyak 125 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas hubungan pelanggan, dan harga kompetitif memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan menjual. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas hubungan pelanggan, dan harga kompetitif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjual.

Referensi

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Simamora, S., Silalahi, M., Nainggolan, N.T., Candra, V. (2019). Pengaruh Harga dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UD Sentral Jaya PematangSiantar. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(2), 62-72.

Smith, J. B. (1998). Buyer-Seller Relationships Similarity, Relationship Management, and Quality. John Willey & Sons Inc, 15 (1), 3-21.

Tantri, N.Y. (2017). Pengaruh Kemasan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Kemasan Merek UD Padi Mulya Nganjuk Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Bandung. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Jawa Timur.

Thomas, R.W., Soutar, G.N., &Ryan, M.M. (2014). The Selling Orientation-Customer Orientation (S.O.C.O.) Scale A Proposed Short Form. Journal of Personal Selling & Sales Management, 21(1), 63-69.

Yuliana. (2019). Pengaruh Kualitas Hubungan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Jambi. Skripsi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles