Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kepercayaan Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada KSP Credit Union Keling Kumang BO Siantan (Studi Kasus Pada Produk Permata)

Penulis

  • Aristo Rasi Sidi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Promosi, kepercayaan merek dan Word of Mouth terhadap keputusan menjadi anggota pada KSP Credit Union Keling Kumang BO Siantan (Studi Kasus Pada Produk Permata). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Penentuan sampel yang peneliti gunakan adalah metode non probability sampling teknik sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak empat puluh tiga (43) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda serta uji F dan uji t yang diolah dengan komputer menggunakan software SPSS versi 25 (Statistical Program For Social Science, 25). Hasil penelitian yang diperoleh adalah Daya Tarik Promosi, Kepercayaan Merek dan Word of Mouth secara bersamaan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menjadi Anggota. Penulis menyarankan kepada Branch Manager serta segenap staf untuk terus meningkatkan daya tarik promosi yang bisa membuat para anggota tertarik dan dapat dipercaya sehingga terdapat perbincangan yang bisa menarik calon anggota. Setiap adanya kendala yang terjadi diharapkan segera diselesaikan dengan cepat dan baik. Keinginan anggota terus berubah dan pastinya ada hal baru yang akan terus menjadi tantangan bagi pihak lembaga, namun dengan mengetahui solusi yang tepat dan pengetahuan yang luas akan kemauan anggota pastilah ini bukan hal yang menyulitkan dan ini harus menjadi sorotan kedepannya agar calon anggota tidak ragu dalam menentukan keputusannya.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles