Pengaruh Citra Lembaga, Kinerja Layanan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menabung Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Di Kota Pontianak

Penulis

  • Mekilianus Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra lembaga, kinerja layanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti kota Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 149 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan citra lembaga, kinerja layanan dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,593 yang menunjukkan pengaruh citra lembaga, kinerja layanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan menabung sebesar 59,30 persen.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles