Analisis Pengaruh Persepsi Resiko, Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Assesories Handphone Pada Toko Rumahcaseid, Kecamatan Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya

Penulis

  • Titania Christella Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Analisis Pengaruh Persepsi Resiko, Harga Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Assesories Handphone pada Toko Rumahcaseid, Kecamatan Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya. Bentuk penelitiaan ini menggunakan metode kausualitas dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dan adapun alat analisis kualitatif yang digunakan penulis mengukur data tersebut menggunakan Skala Likert. Sampel yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah sebanyak 100 responden dari Toko Rumahcaseid, Kecamatan Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya. Teknik pengumpulan pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan sampling insidental. Program Statistical program for social science (spss) versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini bahwa ketiga variabel yaitu persepsi risiko, harga dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menetapkan mempertimbangkan risiko bahwa waktu yang digunakan untuk membeli produk tidak terlalu banyak membuang waktu dapat meningkatkan keputusan pembelian. Pihak Toko Rumahcaseid yang menetapkan harga produk yang ditawarkan perusahaan adalah terjangkau, sehingga memenuhi dan memahami kebutuhan pelanggan. Dengan kepercayaan konsumen yang selalu diperhatikan dalam menjalankan usaha, maka membuat usaha yang dibangun menghasilkan kinerja pemasaran yang optimal dan dapat meningkatkan keputusan pembelian. Saran yang dapat disampaikan untuk mengurangi tingkat persepsi resiko dari pihak konsumen, maka perusahaan harus berusaha menawarkan produk yang tidak membahayakan pihak konsumen, data pribadi tidak akan tersebar ke publik serta memberikan garansi untuk mengganti produk yang rusak pada saat penerimaan oleh konsumen. Pihak toko rumahcaseid juga dapat menyediakan pengiriman secara cepat dan bisa bayar di tempat. Dengan begitu konsumen akan lebih yakin dalam berbelanja.

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles