Pengaruh Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Berlangganan Surat Kabar Media Cetak Graha Pena Pontianak Post Di Kota Pontianak

Penulis

  • Meliantha Multi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Di tengah perkembangan zaman yang sudah pesat dengan teknologi yang mendunia, penulis ingin mengetahui penyebab mengapa konsumen masih berlangganan di surat kabar Pontianak Post, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel harga, promosi, dan citra merek terhadap keputusan berlangganan surat kabar media cetak Graha Pena Pontianak Post dapat diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keputusan berlangganan agar dapat meningkatkan konsumen dalam pembelian ulang surat kabar dan memperoleh profit yang lebih maksimal. Metode penelitian ini yang digunakan adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang berlangganan di surat kabar Pontianak Post dan jumlah sampel sebanyak 78 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berlangganan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa harga, promosi dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berlangganan.

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles