Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk Citra Lembaga Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Keluarga Kudus Di Pontianak

Penulis

  • Albertus Riski Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk citra lembaga dan daya tarik promosi terhadap minat menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pada Credit Union Keluarga Kudus di Pontianak. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan  menggunakan teknik slovin sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program  (SPSS 22). Hasil pengujian data yang dilakukan menunjukkan daya tarik produk, citra lembaga dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,826  yang menunjukkan pengaruh daya tarik produk, citra lembaga dan daya tarik promosi terhadap minat menabung sebesar 82,60 persen.

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles