Analisis Kepercayaan Anggota, Daya Tarik Promosi Citra Koperasi Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Credit Union Kusapa Kabupaten Sanggau

Penulis

  • Aprilili Reni Gusniaty Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan anggota, daya tarik promosi, dan citra koperasi terhadap keputusan menjadi anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Kusapa kabupaten Sanggau. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan kepercayaan anggota, daya tarik promosi dan citra koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,808 yang menunjukkan pengaruh kepercayaan anggota, daya tarik promosi dan citra koperasi terhadap keputusan menjadi anggota sebesar 80,80 persen.

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles