Analisis Pengaruh Bauran Produk dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Menabung di Credit Union Sumber Berkat TP Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau

Penulis

  • Fernandus Sumarno Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kata Credit Union berasal dari bahasa Latin, Credere yang berarti percaya dan Union yang berarti bersatu (mengikat diri dalam suatu kesatuan). Jadi Credit Union berarti kesatuan orang-orang yang saling percaya. Pondasinya adalah kepercayaan dan wujudnya adalah gerakan. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat miskin. Credit Union menganut prinsip dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling incidental dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden. Data diolah menggunakan program statistical pacekage for social science (SPSS) versi 20. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Likert. Hasil hipotesis H1 diterima dan H2 ditolak, artinya variabel bauran produk berpengaruh terhadap variabel minat menyimpan sedangkan variabel kinerja pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat menyimpan.

Diterbitkan

2020-04-30

Terbitan

Bagian

Articles