Pengaruh Brand Trust dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mesin Circular Saw Merek Tosita pada PT Sahabat Jaya di Pontianak

Penulis

  • Lidya Lidya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sahabat Jaya di Pontianak. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah semua toko bangunan yang merupakan pelanggan tetap dari PT Sahabat Jaya di Pontianak pada tahun 2018 sebanyak 386 toko dan sampel yang diambil sebanyak 144 responden dengan teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan semua variabel valid dan signifikan positif terhadap variabel terikat. Dapat disimpulkan bahwa variabel brand trust dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian mesin circular saw merek Tosita. Adapun saran-saran yang dapat diberikan kepada PT Sahabat Jaya di Pontianak adalah perusahaan lebih memperhatikan packaging produk harus terjaga dengan baik agar tidak terkontaminasi dengan udara dan kotoran sehingga tidak merusak kualitas mesin. Perusahaan harus mempertahankan daerah pemasaran yang telah dikuasai serta memperluas wilayah pemasaran, selain itu perusahaan harus selalu melakukan peningkatan keterampilan serta penguasaan terhadap pengetahuan produk.

Diterbitkan

2020-02-29

Terbitan

Bagian

Articles