Analisis Pengaruh Citra Merek dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Bola Lampu Merek Visicom PD Thomas Elektrik di Pontianak

Penulis

  • Raymond Raymond Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari citra merek dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian bola lampu merek Visicom Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan accidental sampling. Teknik analisis datamenggunakan analisis statistik dengan bantuan program olahan data SPSS Statistic versi 22.0 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji koefisien determinasi, analisis korelasi, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari pengujian validitas menunjukkan bahwa semua variabel dinyatakan valid. Untuk pengujian reliabilitas menunjukkan hasil bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti dinyatakan reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas memiliki hubungan yang cukup dan signifikan terhadap variabel terikat. Hasil dari uji t menghasilkan bahwa harga kompetitif dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.

Diterbitkan

2019-11-30

Terbitan

Bagian

Articles