Analisis Atribut Produk dan Harga Kompetitif terhadap Minat Membeli Produk Memori Merek V-Gen pada CV Databasis Technology di Pontianak

Penulis

  • Aprianto Aprianto Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh dari atribut produk dan harga kompetitif terhadap minat membeli produk memori merek V-Gen pada CV Databasis Technology di Pontianak. Metode pengumpulan yang digunakan untuk mendukung penelitian kali ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan transaksi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan Uji F dan Uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,421. Hasil dari Uji F adalah sebesar 10,192 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa atribut produk dan harga kompetitif berpengaruh terhadap minat membeli.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles