Analisis Pengaruh Orientasi Pesaing, Daya Tarik Layanan, dan Nilai Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran pada Bidang UMKM Fashion di Pontianak

Penulis

  • Verawati Felisia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pesaing, Daya Tarik Layanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kausalitas dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dan adapun alat analisis kualitatif yang digunakan penulis mengukur data tersebut menggunakan skala rating. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dari UMKM Fashion di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling. Program Statistical program for social science (spss) versi 23 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Orientasi Pesaing, Daya Tarik Layanan dan Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap Kinerja Pemasaran.

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles