Analisis Pengaruh Disonansi Brand Store, Kinerja Layanan, dan Customer Value terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Kaisar di Pontianak

Penulis

  • Merry Angelina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan ritel pada era modern sekarang ini semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Kebutuhan konsumen yang semakin meningkat dan beragam menyebabkan Supermarket Kaisar di Pontianak harus dapat bersaing untuk memperlihatkan keunggulannya dan merebut perhatian konsumen. Konsumen yang akan mengambil keputusan dalam memilih tempat berbelanja akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum membeli. Pertimbangan itu antara lain dipengaruhi oleh disonansi brand store, kinerja layanan, dan customer value yang diterapkan Supermarket. Perumusan masalah dalam penulisan ini adalah penjualan selama tahun 2015-2019 mengalami fluktuasi pada omset penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antara variabel dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan mengumpulkan sebanyak 135 responden. Berdasarkan hasil analisis melalui pengujian statistika uji F menunjukkan bahwa model regresi linear adalah layak dan dapat digunakan dalam penelitian. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa disonansi brand store, kinerja layanan dan customer value berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh disonansi brand store, kinerja layanan dan customer value yang dapat memberikan kontribusi dalam keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-05-31

Terbitan

Bagian

Articles