Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Management, dan Daya Tarik Lokasi terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Borneo Pontianak

Penulis

  • Edwin Julian Hidayat Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan, customer relationship management, dan daya tarik lokasi terhadap minat menginap kembali di Hotel Borneo Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Borneo Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu tamu yang menginap di Hotel Borneo Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan tujuan untuk meneliti hubungan variabel kualitas pelayanan, customer relationship management, dan daya tarik lokasi terhadap minat menginap kembali di Hotel Borneo Pontianak. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis linear berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas pelayanan, customer relationship management, dan daya tarik lokasi terhadap minat menginap kembali di Hotel Borneo Pontianak.

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

Articles