Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Daya Tarik Produk dan Brand Trust terhadap Keputusan Menginap di Hotel Aston Pontianak

Penulis

  • Frisca Tio Topan Parhusip Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran, daya tarik produk dan brand trust terhadap keputusan menginap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung hotel Aston Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan komunikasi pemasaran, daya tarik produk dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,762 yang menunjukkan pengaruh komunikasi pemasaran, daya tarik produk dan brand trust terhadap keputusan menginap sebesar 76,20 persen.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles