Pengaruh Kinerja Layanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMA Kristen Immanuel di Pontianak

Penulis

  • Felicia Angela Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan peserta didik di SMA Kristen Immanuel di Pontianak. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui seberapa baik kinerja layanan yang telah diberikan sekolah kepada peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan studi dookumenter. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode asosiatif. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa-siswi dari kelas X-XII SMA Kristen Immanuel Pontianak tahun ajaran 2017/2018. Dengan menggunakan teknik probability sampling, maka penulis membatasi sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh variabel kinerja layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan peserta didik dengan uji t berdasarkan signifikansinya dan tabel ANOVA untuk mengukur signifikansi variabel independen terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa telah diterima dengan memenuhi syarat t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan dan kepercayaan yang diuji dengan menggunakan regresi linier berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles