Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak

Penulis

  • Levina Levina Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunakan jenis Sepeda Motor merek Honda yang berjumlah 835 pelanggan berdasarkan data tahun 2016, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dimana teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif dan untuk memproses data mengunakan bantuan program SPSS versi 20 dengan pengujian validitas, reabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Tingkat kesalahan yang dipakai pada penelitian ini adalah sebesar 5,00 persen. Berdasarkan hasil pengujian, variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan lebih meningkatkan lagi kualitas produk seperti melakukan inovasi model Sepeda Motor Honda atau memberi aksesoris tambahan dengan tampilan yang sesuai dan segera melakukan pengecekkan jika terdapat Sepeda Motor yang cacat atau tidak sempurna.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles