Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Anggota dalam Memilih Produk Simpanan pada Credit Union Stella Maris di Pontianak

Penulis

  • Agatho Fietro Audio Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

CU Stella Maris di Pontianak merupakan salah satu koperasi yang ingin tata kelola yang sehat melalui produk dan pelayanan yang berkualitas untuk meningkatkan kesejahteraan anggota secara berkelanjutan. Untuk menunjang itu semua maka harus bisa menciptakan citra merek produk yang baik dimata anggota. Tujuan dalam penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh citra merek itu sendiri terhadap keputusan anggota memilih produk simpanan pada CU. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner yang disebar kepada responden. Berdasarkan hasil uji signifikansi dengan tabel Anova (Fhitung) menunjukkan hasil bahwa citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 17,459, dengan nilai alpha sebesar lima persen, maka didapatkan nilai Ftabel sebesar 2,700. Nilai Fhitung lebih besar dibanding dengan nilai Ftabel. Selain itu, jika dilihat dari nilai sig. Fhitung menunjukkan hasil sebesar 0,00. Angka ini lebih kecil dari nilai alpha sebesar lima persen (0,05). Hal ini berarti bahwa secara simultan atau keseluruhan, variabel bebas dalam penelitian ini yakni citra produsen, citra konsumen, dan citra produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yakni keputusan memilih produk simpanan. Dari hasil pengujian uji T dan uji F, didapatkan bahwa semua dimensi, citra produsen, citra konsumen, dan citra produk dari variabel brand image secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan anggota dalam memilih produk simpanan, sedangkan variabel citra merek yang sangat berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam memilih produk simpanan adalah citra produk.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles