Pengaruh Harga Kompetitif, Brand Image, dan Atribut Produk terhadap Kinerja Penjualan Keramik Merek Roman pada Kota Pontianak (Studi Kasus Para Pengecer Keramik Merek Roman)

Penulis

  • Emylia Emylia Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga kompetitif, brand image, dan atribut produk terhadap kinerja penjualan para pengecer keramik merek Roman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi dokumenter. Sampel dalam penelitian ini adalah seratus empat belas responden yaitu para pengecer keramik merek Roman pada PT Modern Décor Asri di Pontianak dimana teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kesimpulan dari hasil analisis serta pembahasan yang dilakukan oleh peneliti pada para pengecer keramik merek Roman di Pontianak adalah masing-masing variabel Harga Kompetitif, brand image serta Atribut Produk berpengaruh terhadap Kinerja Penjualan. Harga Kompetitif, dan Atribut Produk juga secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Penjualan. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah ada baiknya manager PT Modern Décor Asri di Pontianak menjaga penetapan harga yang kompetitif dalam memberikan potongan harga dan promo paket. Brand Image sudah baik, perusahaan hanya perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas agar tetap unggul dan tetap mempertinggi citra pelanggan.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles