Pengaruh Kualitas Makanan dan Kinerja Pelayanan terhadap Minat Membeli Kembali pada Restoran Pondok 18 di Pontianak

Penulis

  • Devin Sung Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas makanan dan kinerja pelayanan terhadap minat membeli kembali pada Restoran Pondok 18 di Pontianak. Tujuan penelitianadalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas makanan dan kinerja pelayanan serta minat membeli kembali pada Restoran Pondok 18 di Pontianak. Selain itu, penelitian juga digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas makanan dan kinerja pelayanan terhadap minat membeli kembali Restoran Pondok 18 di Pontianak. Bentuk penelitian adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah setiap konsumen yang mengunjungi Restoran Pondok 18 di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan sistem sampling insidental. Setiap kuesioner yang diberikan kepada responden memiliki bobot penilaian. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif terdiri dari uji regresi linear berganda, uji korelasi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil uji validitas, variabel kualitas makanan, variabel kinerja pelayanan, dan variabel minat membeli kembali telah dinyatakan valid karena rtabel sebesar 0,197 lebih kecil dari rhitung pertanyaan dari setiap variabel maka dapat diketahui kelayakannya dan penelitian dapat terus dilanjutkan. Berdasarkan hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s Alpha sebesar 0,845 yang lebih tinggi dari nilai Alpha sebesar 0,60 sehingga hasil dinyatakan reliable, yang berarti responden telah memberikan jawaban yang konsisten untuk setiap pertanyaan. Berdasarkan hasil uji korelasi berganda, diperoleh R Square 0,347 atau 34,70 persen yang berarti variabel kualitas makanan dan kinerja pelayanan secara simultan mempengaruhi variabel minat membeli kembali sebesar 34,70 persen dan sisanya sebesar 65,30 persen di pengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, diperoleh persamaan regresi Y=0,457+0,481X1+0,441X2, yang menunjukkan variabel erat dan positif antara variabel dependen dan variabel independen. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh angka signifikan (0,000) lebih rendah dari 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel kualitas makanan dan variabel kinerja pelayanan mempengaruhi variabel minat membeli kembali. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa hasil nilai uji t untuk variabel X1 dan X2 adalah t1=3,643 dan t2=2,942 yang menunjukkan kedua variabel mempengaruhi variabel minat mengunjungi kembali.

Diterbitkan

2023-06-26

Terbitan

Bagian

Articles