Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran Rumah Makan Ayam Geprek di Kota Pontianak

Penulis

  • Enaria Enaria Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Risiko usaha yang harus dihadapi setiap pemasar adalah hal yang tidak gampang karena risiko usaha juga dapat berpengaruh besar terhadap berlangsungnya usaha rumah makan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui orientasi kewirausahaan dan orientasi pelanggan yang menonjol pada setiap rumah makan ayam geprek yang ada di Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kausalitas dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan Skala Likert. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi pelanggan pada rumah makan ayam geprek di Pontianak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Saran dari penulis adalah agar rumah makan ayam geprek harus meningkatkan apa yang sudah direspon positif oleh konsumen yaitu kesan kualitas mengenai pelayanan dalam usahanya dengan tujuan kenyamanan para konsumen akhir.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles