Analisis Pengaruh Brand Image dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Ban dalam Mobil Merek Grand Prix pada CV Trijaya Sukses di Pontianak

Penulis

  • Ilandry Pradipta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan daya tarik promosi dalam meningkatkan keputusan pembelian di Pontianak. Populasi yang diambil adalah konsumen yang melakukan pembelian ban dalam merek Grand Prix di CV Trijaya Sukses di Pontianak dengan sampel sebanyak 120 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan cara kuesioner. Teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik insidental sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang memiliki usia 17 tahun ke atas, memiliki pekerjaan dan berdomisili di Pontianak. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 22 untuk mengolah data. Tahapan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, analisis koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Pontianak.

Referensi

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Keller, Kevin L. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc 2013.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Marketing Management, Global Edition. Pearson Education Limited, 2016.

Priansa, Donni Juni. Perilaku Konsumen. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

Suharno, dan Yudi Sutarso. Marketing In Practice, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Diterbitkan

2021-03-31

Terbitan

Bagian

Articles