Analisis Pengaruh Brand Trust dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Parfum Merek Gatsby pada CV Ratna Pratama Mandiri di Pontianak

Penulis

  • William Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust (kepercayaan merek) terhadap keputusan pembelian parfum merek Gatsby pada CV Ratna Pratama Mandiri di Pontianak, dan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan pembelian parfum merek Gatsby pada CV Ratna Pratama Mandiri di Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli dan mengkonsumsi parfum merek Gatsby. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala rating. Sampel yang digunakan adalah sebanyak seratus pelanggan, dengan metode insidental sampling, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kemudian dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan dan jawaban dijumlahkan, dipersentasekan, dianalisis dan diolah menggunakan program SPSS 22, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa brand trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel harga kompetitif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Delgado-Ballester, Elena, and José Luis Munuera-Alemán. 2005. "Does brand trust matter to brand equity?." Journal of product & brand management 14.3: 187-196.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis, Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.

Reven, Daniel, and Augusty Tae Ferdinand. 2017. "Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta)." Diponegoro Journal of Management 6.3: 152-164.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles