Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada PD Dolphin Autobody Repair di Pontianak

Penulis

  • Hendra Wijaya Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada bengkel PD Dolphin Autobody Repair di Pontianak. Bengkel PD Dolphin Autobody Repair di Pontianak merupakan salah satu bengkel yang memiliki persaingan ketat dengan bengkel lainnya. Bengkel PD Dolphin Autobody Repair berlokasi di jalan Parit Makmur No.9J Pontianak. Metode penelitian menggunakan analisa penelitian dengan memaparkan hubungan masing-masing variabel. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik accidential sampling dengan seratus responden. Alat analisis kualitatif menggunakan Skala Likert. Untuk alat analisis kuantitatif menggunakan spss versi 22 untuk menguji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, korelasi berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai pengaruh variabel dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah bengkel PD Dolphin Autobody Repair Pontianak harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik, harga yang diberikan kepada konsumen, dan strategi dalam mempertahankan konsumen.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles