Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Peningkatan Kinerja Usaha pada UMKM Resto Dan Cafe di Pontianak

Penulis

  • Elvin Setiawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap peningkatan kinerja usaha UMKM resto dan cafe di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan inovasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penjualan. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan kepada pelaku bisnis resto dan cafe di Pontianak adalah meningkatkan kualitas pelayanan, menciptakan inovasi menu baru serta peningkatan terhadap kualitas menu untuk tujuan membuat pelanggan ingin kembali untuk berkunjung kembali.

Referensi

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Lofian. (2016). Identifikasi Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja UKM Mebel dan Rotan di Jepara. Disprotek, 5(2), 8–15.

Morgan, T., Anokhin, S., & Wincent, J. (2016). Entrepreneurial orientation, firm market power and opportunism in network. Journal of Business & Industrial Marketing, 31(1), 99-111.

Sulistyowati, E., & Lestari, N. S. (2016). Faktor Faktor penentu keberhasilan usaha kecil dan Menengah di Kota Yogyakarta. Jurnal MAKSIPRENEUR, VI (1), 24–36.

Vidyatmoko, D., Husni, A., & Rosadi, Y. (2015). Faktor Utama Kesuksesan Wirausaha di Industri Pangan. Jurnal Manajemen Teknologi, 14 (1), 47–65.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles