Analisis Pengaruh Citra Merek, Layanan Purna Jual dan Harga Kompetitif terhadap Minat Beli Mobil Mitsubishi Pajero Sport pada PT Gemilang Berlian Indah di Pontianak

Penulis

  • Hanssen Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, layanan purna jual dan harga kompetitif terhadap minat beli mobil Mitshubishi Pajero Sport pada PT Gemilang Berlian Indah di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi documenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22.Hasil pengujian validitas menujukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra merek, layanan purna jual dan harga kompetitif secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa citra merek, layanan purna jual dan harga kompetitif berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli.

Referensi

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Pariyanto, dan Lukmandono. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda”. Jati Unik, Vol. 1, no.2, pp. 103-116.

Putri, Lantika Adriana, Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko HA Laury Semarang”. Semarang: Universitas Diponegoro. Journal of Management, Volume 5, Nomor 3. ISSN: 2337-3792.

Rosad, dan Suparyanto. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: Penerbit IN MEDIA.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi.Yogyakarta: ANDI, 2016.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles