Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kesesuaian Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pixy di PT Mandom Indonesia, Tbk. Cabang Pontianak

Penulis

  • Cindy Meylinda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kesesuaian harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pixy di PT Mandom Indonesia, Tbk. Cabang Pontianak. Populasi yang diambil adalah pelanggan yang diambil adalah pelanggan yang sudah pernah membeli produk kosmetik Pixy dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang sudah membeli lebih dari 2 kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang sudah pernah membeli produk kosmetik Pixy lebih dari dua kali. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan skala liket dan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 22 untuk mengolah data. Tahapan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk dan kesesuaian harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pixy di PT Mandom Indonesia, Tbk. Cabang Pontianak.

Referensi

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga, 2009.

Mukti, Mohammad Yusuf Dana. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar).” Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), STIE Kesuma Negara Blitar, Vol. 2, No. 1, pp 108-109, 2015.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Wangean, Ryanto Hariandi dan Silvya L. Mandey. “Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mobil All New Kia Rio di Kota Manado.” Jurnal EMBA, Program Manajemen Ekonomi dan Bisnis: Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol. 2, No. 3, pp 1724, 2014.

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles