Dampak Kualitas Layanan dan Kepercayaan Anggota terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada Credit Union Tri Tapang Kasih TP Pontianak

Penulis

  • Aloesius Tomi Cici Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kualitas layanan dan kepercayaan anggota terhadap keputusan menjadi anggota pada Credit Union Tri Tapang Kasih TP Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi untuk penelitian ini adalah semua anggota CU Tri Tapang Kasih TP Pontianak. Dengan menggunakan accidental sampling, maka penulis membatasi sampel sebanyak seratus. Untuk alat analisis kualitatif penulis menggunakan Skala Likert.Untuk analisis kuantitatif penulis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, koefesien determinasi, analisis regresi linier berganda, berserta uji t dan uji F. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan uji F secara bersama-sama variabel kualitas layanan dan kepercayaan berdampak positif signifikan terhadap keputusan menjadi anggota CU Tri Tapang Kasih TP Pontianak. Berdasarkan hasil uji t menyatakan bahwa variabel kualitas layanan dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Saran yang diberikan penulis adalah maka sebaiknya CU Tri Tapang Kasih TP Pontianakmeningkatkan kembali kecepatan proses pelayanan dan penanganan keluhan dengan memperhatikan kebutuhan anggota serta perlu mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan melalui kualitas layanan.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles