Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Brand Trust dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Merek Sasterland pada PD Anggrek di Pontianak

Penulis

  • Welly Vernanda Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keunggulan produk, brand trust dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian spring bed merek Sasterland pada PD Anggrek di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli spring bed merek Sasterland dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran Skala Likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini, penulis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel keunggulan produk, brand trust dan harga kompetitif yang diuji menggunakan uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian pada perusahaan.

Referensi

Adiwidjaja dan Tarigan. 2017. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse.” Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra Surabaya, volume. 5 no.3.

Agung, Rahma dan Hufron. 2018. “Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Distro di Karangploso Malang.” Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Gloria, Tampi dan Taroreh. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up Pada PT Astra Internasional Tbk Daihatsu Cabang Malalayang.” Jurnal Administasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Prodi Administrasi Bisnis, volume 6 no.2.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Philipus, Mamahit, Agus Supandi Soegoto dan Willem Alfa Tumbuan. 2015. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada PT Hasjrat Abadi Manado.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 15 No. 05.

Diterbitkan

2020-10-31

Terbitan

Bagian

Articles