Pengaruh Kebijakan Pelayanan, Merek, Harga terhadap Keputusan Membeli Produk Yamalube Oil pada PT Kharisma Makmur Abadi di Pontianak

Penulis

  • Antoni Antoni Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pelayanan, merek dan harga Produk Yamalube Oil pada PT Kharisma Makmur Abadi di Pontianak dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai kebijakan pelayanan, merek, harga dan keputusan membeli Produk Yamalube Oil pada perusahaan serta untuk mengetahui pengaruh kebijakan pelayanan, merek dan harga terhadap keputusan membeli Produk Yamalube Oil pada perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumenter. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah bengkel yang membeli Yamalube Oil di PT Kharisma Makmur Abadi di Pontianak yakni berjumlah 179 bengkel pada tahun 2017. Sampel yang diambil berjumlah 50 bengkel dengan kriteria bengkel yang berdomisili di Kota Pontianak, telah berlangganan di atas 1 tahun dan minimal transaksi 1 kali dalam sebulan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan dengan alat uji korelasi dan regresi berganda didapat bahwa variabel kebijakan pelayanan, merek dan harga berpengaruh terhadap keputusan membeli produk Yamalube Oil pada perusahaan. Hasil uji F dan Uji t juga membuktikan bahwa variabel bebas mempengaruhi variabel terikat baik secara simultan maupun parsial.

Diterbitkan

2023-07-16

Terbitan

Bagian

Articles