Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak

Penulis

  • Angelina Yohana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk dalam meningkatkan Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Bentuk penelitiaan ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi 1301 UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitiaan ini menggunakan metode teknik sampling purposive. Pembahasan menggunkan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model pengujian yang digunakan program software spss 22. Berdasarkan hasil uji dapat dilihat bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Pemilik usaha UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak dapat mengikuti perkembangan pasar dan membuat produk sesuai keinginan konsumen.

Referensi

Djayadiningrat Fauziyyah Adinda, I Putu Gde Sukaatmadja dan Ni Nyoman Kerti Yasa Peran inovasi produk memediasi orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran imk sektor industri makanan kota denpasar E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, 2017: 4978-5004

Djayadiningrat Adinda Fauziyyah, I Putu Gde Sukaatmadja dan Ni Nyoman Kerti Yasa, Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja E-JurnalPemasaran Imk Sektor Industri Makan Kota Denpasar, Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, 2017: 4978-5004

Helia,Renita, Naili Farida dan Bulan Prabawan (2015),” Pengaruh Orientasi Pasar,Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo, Jurnal Of social and political of science 2015.Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2013, November 1). Dipetik July 14, 2014, dari Website Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah: http://www. Depkop. Go.id/ index.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Holtzman, Yair. 2011.Srategic Research And Development: it is More than Just Gretting The Next Product to Market, Journal of Management Development, Vol. 30, No. 1, h. 126-133.

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Articles