Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Kerajinan Tangan Kota Pontianak

Penulis

  • Martin Suarly Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Persaingan yang ketat disertai banyaknya pebisnis baru, mengharuskan para pelaku bisnis meningkatkan kinerja pemasaran mereka. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas produk harus mampu memuaskan konsumen sehingga penjualan berlangsung dalam jangka panjang, sebab adanya rasa puas atas kualitas produk yang diberikan. Selain itu, mempertahankan dan mempererat relasi dengan pelanggan juga penting. Kemudian promosi diharapkan dapat memperluas pangsa pasar, promosi yang menarik dan penemuan info yang mudah didapat adalah kunci untuk menarik masyarakat melakukan pembelian. Penelitian ini berbentuk hubungan kausal dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 120 UMKM kerajinan tangan yang ada di Kota Pontianak berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pontianak 2020. Sampel diambil menggunakan purposive sampling, yaitu 100 responden. Analisis kuantitatif dilakukan melalui Statistical Program for Social (SPSS) versi 22. Hasil uji hipotesis menyatakan semua hipotesis menggunakan uji Analisis Kelayakan Model Penelitian (ANOVA) Uji F dan analisis hipotesis penelitian variabel kualitas produk, kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM kerajinan tangan di Kota Pontianak.

Referensi

Arianto, Nurmin dan Adzmi Fahmi Albani. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange”. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, Vol.1, No.3, Mei 2018, Halaman. 1–14

Ariatmaja, I Gusti Agung dan Ni Made Rastini. “Peran Brand Image Memediasi Daya Tarik Promosi dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, 2017, hal. 4689–4715

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Meliani, Nita dan Augusty Tae Ferdinand. “Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen”. Diponegoro Journal of Management, Vol 5 No. 1, 2015, Hal 1–11

Morgan, Robert M dan Shelby D. Hunt. “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing”. Journal of Marketing, Vol. 58, July 1994, pp. 20–38

Nasir, Akhmad. “The Influence of Product Innovation Toward Marketing Performance at Furniture Companies in Pasuruan Regency”. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, Vol. 5 No. 1, 2017, pp. 20–25

Diterbitkan

2021-11-30

Terbitan

Bagian

Articles