Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Atmosfer Rumah Sakit dan Lokasi terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedaro di Pontianak

Penulis

  • Yuyun Margareta Sunarti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Keputusan menggunakan jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kinerja layanan, atmosfer rumah sakit dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Layanan, Atmosfer Rumah Sakit dan Lokasi terhadap Keputusan menggunakan jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisoner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden penelitian ini dapat di tentukan dengan sampel incidental sampling. Pembahasan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Softwarespss versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja layanan, atmosfer rumah sakit dan lokasi berpengaruh signifikan dan positif baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menggunakan jasa.

Referensi

Lupiyoadi, rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Sopiah, Syihabudhin. 2008, Manajemen Bisnis Ritel. Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa-prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Utami, Christina., Whidya. 2017. Manajemen Ritel. Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia.Penerb it Salemba Empat. Jakarta.

Diterbitkan

2021-07-31

Terbitan

Bagian

Articles