Analisis Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Menabung pada Credit Union Gemalaq Kemisiq Ketapang

Penulis

  • Matius Muri Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Menabung pada CU Gemalaq Kemisiq Ketapang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota CU Gemalaq Kemisiq Ketapang serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 2.2. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Word of Mouth dan Citra Perusahaan yang diuji menggunkan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Menabung pada CU Gemalaq Kemisiq. Saran yang diberikan penulis kepada CU Gemalaq Kemisiq ini harus menciptkan pengalaman yang positif kepada setiap anggota agar anggota terkesan dan selalu ingat kepada CU Gemalaq Kemisiq. CU Gemalaq Kemisiq harus mempertahankan image yang baik dimata anggota maupun masyarakat supaya masyarakat maupun konsumen tidak ragu untuk menggunakan jasa yang ditawarkan oleh CU Gemalaq Kemisiq.

Referensi

Manap, Abdul, H. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Nugraha, Ajie, Aditya, Finnan., Suharyono, dan Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dan kepuasaan Konsumen (Studi Pada Konsumen Kober Mie Seta0n Jalan Simpang Soekarno-Hatta No 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 22, No. 1, Hal 1-7.

Puspita, Lucky,Distutiace., Edy Yulianto, dan Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Charles Dan Keith Di Tanjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 34, No. 1, Hal. 79-85.

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian: Public Relation & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles