Analisis Pengaruh Atribut Toko, Kinerja Pelayanan, dan Harga Kompetitif terhadap Minat Beli Konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak

Penulis

  • Elvi Megawati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh atribut toko, kinerja pelayanan, dan harga kompetitif terhadap minat beli konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua responden yang pernah membeli produk dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Insidental. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan pengukuran Skala Likert dan untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan dari program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel atribut toko, kinerja pelayanan, dan harga kompetitif yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen.

Referensi

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Jin, Byoungho and Kim, Jai-Ok. “Discount Store Retailing In Korea : Shopping Excitement, Shopping Motives and Store Attributes.” Journal of Global Marketing, Vol. 15, No. 2, 2001, hal. 81-107.

Pramono, R., & Ferdinand, A. T. “Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Desain Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Semarang).” Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.

Prawirosuntono, Suryadi. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE, 2008.

Riorini, Sri Vandayuli. “Pengaruh Motif Berbelanja dan Atribut Toko Terhadap Ketertarikan Berbelanja pada Hypermarket di Jakarta.” Manajemen Krida Wacana, Vol. 5, No. 1, 2005, hal. 1-18.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2009.

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Articles