Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kinerja Layanan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Aerox Pada PT Aneka Makmur Sejahtera Di Pontianak
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk, kinerja layanan, dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Aerox pada PT Aneka Makmur Sejahtera di Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas sebab-akibat dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli motor yamaha Aerox di PT Aneka Makmur Sejahtera Pontianak yang ditentukan Úlam kurung waktu 3 tahun, yaitu sebesar 883 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 140 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil pengujian menunjukkan diferensiasi produk, kinerja layanan, dan daya tarik promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemampuan diferensiasi produk, kinerja layanan, dan daya tarik promosi dalam memengaruhi keputusan pembelian sebesar 87,4 persen sedangkan sisanya sebanyak 12,6 persen dipengaruhi faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.