Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lampu Ecolink Di UD Mitra Sukses Sejahtera Di Pontianak

Authors

  • Arief Wicaksana Jaya Nagara Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga kompetitif, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada lampu Ecolink di UD Mitra Sukses Sejahtera di Pontianak. Hasil penelitian diperoleh dari tanggapan responden mengenai lampu Ecolink. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi berupa toko kelontong dan toko elektronik yang berjumlah 100 responden yang tersebar di seluruh Pontianak. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive dan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner. Penulis menggunakan bantuan program computer unutk mengolah data yang telah dikumpulkan yaitu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 26. Hasil yang diperoleh dalam pengujian ini (uji f) menunjukkan bahwa adanya pengaruh kualitas produk, harga kompetitif, dan brand image terhadap keputusan pembelian. Pada hasil pengujian yang dilakukan secara parsial (uji t) diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk, harga kompetitif, dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Bastian, D.A. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Permasaran Petra, 2(1), 1-9.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global-RCI.

Ebtke, H. (2021). "Kementerian ESDM Dorong Industri Lampu LED Dalam Negeri”. Diakses dari https://ebtke.esdm.go.id/post/2021/06/22/2889/kementerian.esdm.dorong.industri.lampu.led.dalam.negeri, 25 Oktober 2022.

Fure, Hendra. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273-283.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Kompas (2019). "Evolusi Bola Lampu”. Diakses dari Kompas (2019). "Evolusi Bola Lampu”. Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/26/170944469/evolusi-bola-lampu?page=all, 25 Oktober 2022.

Mukarromah, S.D. & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 2(1), 27-36.

Nopriani. Asrori. & Hidayat. (2015). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi UD Toko Harapan Besar di Desa Suka Maju DK 4D).

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles