Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Hubungan, Dan Kinerja Layanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Puscopcuina Pontianak

Authors

  • Nathania Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth , kualitas hubungan, dan kinerja layanan dalam mempengaruhi keputusan menjadi anggota. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pusat Koperasi Credit Union Indonesia Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui kejelasan hubungan sebab akibat dari variabel indenpenden terhadap variabel dependen. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak seratus enam puluh responden (160) yang merupakan anggota yang berada dibawah naungan Pusat Koperasi Credit Union Indonesia Pontianak. Pengujian data yang dilakukan menggunakan program SPSS versi 25 (Statistical Package for Social Science,25). Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth , kualitas hubungan , kinerja layanan yang diterapkan pada Pusat Koperasi Credit Union Indonesia Pontianak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik word of mouth , kualitas hubungan dan kinerja layanan maka semakin tinggi tingkat keputusan menjadi anggota.

References

Darmanto, B., Suprihartini, L., & Kusasi, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Pada Mini Market Isana Ganet Tanjungpinang. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Ekonomi, 2(2), 1019-1024.

Fahmi, Irham. (2016). Perilaku Konsumen dan Teori Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: AGF Books.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Iqbal, Muhammad. (2013). Pelayanan Yang Memuaskan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Korry, P. D. P. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Pengaruh Variabel Green Marketing, Customer Relationship Marketing dan Budaya: Studi Kasus Pada Konsumen The Body Shop di 5 Kota Besar Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(1), 1-13.

Latief, Rusman. (2018). Word Of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Lotulung. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss pada CV. Tristar Jaya Globalindo di Manado. Jurnal EMBA 817 Vol.3,No.3, 817-826.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles