Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi Strategis Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Di Pontianak

Authors

  • Kornelisiana Verra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh variabel promosi, lokasi strategis, dan kualitas pelayanan tehadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa promosi, lokasi strategis, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Masibbuk I, Moniharapon S, Ogi Imelda W.J. 2019. Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado). JURNAL EMBA, Vol.7 No, Januari.

Nurhayati Siti. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Samsung Di Jakarta. Jurnal EMBA.

Priansa Donni Juni. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2011. Service, Quality and Satisfaction (edisi 3).Yogyakarta. Andi

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles